Desa Cisero, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut.
Desa Cisero terletak di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut. Desa Cisero merupakan pemekaran dari desa Cidatar yang didirikan pada hari Kamis, 10 November 1980.
Desa Cisero memiliki kekayaan alam yang indah, unik, mempesona. Di mana, luas desa CIsero yaitu 305.567 ha, yang terdiri dari sawah 35.265 ha, tanah kering 216.495 ha, dan fasilitas umum 53.807 ha. luas area dimiliki desa Cisero diantaranya lahan pertanian 213.755 ha, kolam 1.250 ha, carik 1.800 ha, jalan 5.066 ha, pemukiman 45.200 ha, kuburan 1.260 ha, lain-lain 1.971 ha, dan tanah kehutanan 62 ha.
Desa Cisero memiliki batas-batas wilayah yaitu sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Bandung, sebelah timurnya berbatasan dengan Kecamatan Cigedug, Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Cisurupan, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Cisurupan.

Potensi Sumber Daya Alam Desa Cisero
Potensi dimiliki adalah hasil pertaniannya karena mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai pertani. Komoditas hasil pertanian tersebut terdiri dari kopi, labu, kubis, cabai, kentang, dan tomat. Komoditas kopi merupakan Komoditas utama pada desa Cisero. Jesis kopi yang ditanam adalah kopi Arabica. Oleh karena itu, Ciseo akan dijadikan Desa Kopi.
Sumber Daya Air di Desa Cisero terdiri dari Situ sebanyak 2, dan Mata Air juga 2. Sumber Daya Air berasal dari pergunungan yaitu Gunung Papandayan. sedangkan sungai yang mengalir di desa Cisero adalah Sungai Cimanuk dan Cisero.

Potensi Sumber Daya Manusia Desa Cisero
Keadaan sumber daya manusia Desa Cisero adalah laki-laki sebanyak 3.565 orang, sedangkan perempuan sebanyak 3.532 orang maka jumlah penduduk desa Cisero sebanyak 7.097 orang. Dimana  kepala keluarga terdapat 1.700 kepala keluarga, dengan agama penduduk Desa Cisero itu semua adalah beragama islam murni (100%).
Mata  Pencaharian penduduk Desa Cisero mayoritas adalah buruh tani, disusul dengan petani.
Di samping itu, mereka merupakan warga yang kurang mordenitas, ternyata mereka memiliki sifat yang ramah tamah, menerima kedatangan orang lain itu dengan kekeluargaan.

Kesenian dan Olah Raga
Desa Cisero memiliki keunikan kultur budaya dan kesenian serta olah raga yang masih dikembangkan sampai sekarang. Dengan corak budaya Sunda, yang mana kesenian tersebut terdiri dari kesenian Calung, Reog, Angklung, Dangdut. Dalam segi olah raga, kebanyakan olah raga volly dan tenis meja, tidak terkecuali dengan permainan layang-layang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top