CISURUPAN GARUT - Sejumlah peristiwa bencana alam kembali terjadi disejumlah wilayah di Kabupaten Garut Jawa Barat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut mencatat, tanah ambles dan longsor dilaporkan terjadi di dua desa, yakni Desa Sagara dan Maroko Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut.
“Di Desa Sagara, ada satu jalan desa yang menghubungkan tiga desa lainnya di Kecamatan Cibalong, yaitu Jalan Ciete, yang amblas. Kedalaman amblasnya belum diketahui, namun yang jelas jalan desa tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat,” kata Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Garut, TB Agus, Selasa (23/12/2014).
Agus menyebutkan masih di Desa Sagara, empat rumah milik warga di Kampung Cibodas RT 02 RW 02 terancam longsor tebing, sehingga seluruh warga yang menghuni empat rumah ini telah dievakuasi petugas ke tempat yang lebih aman.
“Sementara di Desa Maroko, jalan penghubung antara Desa Maroko dan Simpang terancam amblas karena gerusan air. Permukiman warga sebanyak enam unit rumah di Kampung Cikole, Desa Maroko, juga terancam longsor. Berbeda dengan ancaman longsor di Kampung Cibodas, Desa Sagara, ancaman longsor di Kampung Cikole disebabkan karena pergeseran tanah,” Ungkapnya.
Agus juga mengaku pihaknya telah melayangkan permohonan agar PVMBG melakukan penelitian terkait kontur tanah di kedua desa Kecamatan Cibalong ini, untuk mengetahui hasil apakah warga masih layak menempati lokasi tersebut atau harus dipindahkan.[CG]

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top